Istilah komunikasi berasal dari kata Latin yaitu : Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadi milik bersama. Apabila kita berkomunikasi dengan orang lain, dengan kata lain kita telah berusaha menyampaikan informasi kepada orang lain.
Berikut ini adalah beragam definisi komunikasi : - Roben. J. G.
Komunikasi merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan maupun informasi tentang pikiran dan perasaan.
- Astrid
Komunikasi merupakan kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti atau makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi.
- Schram. W
Komunikasi merupakan sebuah usaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain.
- Davis
Komunikasi merupakan sebuah pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain.
TUJUAN KOMUNIKASI
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses
komunikasi secara spesifik sebagai berikut:1. Mempelajari atau mengajarkan
sesuatu2. Mempengaruhi perilaku seseorang3. Mengungkapkan perasaan4.
Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain5. Berhubungan dengan orang
lain6. Menyelesaian sebuah masalah7. Mencapai sebuah tujuan8. Menurunkan ketegangan
dan menyelesaian konflik 9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang
lain
1.Pengirim pesan
(sender) dan isi pesan/materi
Pengirim pesan adalah orang yang
mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh
orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi
yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesandapat verbal
atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan
jelas.Materi pesan dapat berupa
:
a. Informasi
b. Ajakan
c. Rencana kerja
d. Pertanyaan
j
2.Simbol/ isyarat
Pada tahap ini pengirim pesan membuat
kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahamioleh orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam
bentuk kata-kata,gerakan anggota
badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan penyampaian pesan
adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arahtertentu.
3.Media/penghubung
Adalah alat
untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman,telepon dan lainnya.
Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akandisampaikan, jumlah penerima pesan,
situasi dsb.
4.Mengartikan
kode/isyarat
Setelah pesan diterima melalui indera
(telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesanharus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat
dimengerti/dipahaminya.
5.Penerima
pesan
Penerima pesan
adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk code/isyarat tanpa
mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim
6.Balikan (feedback)
Balikan adalah
isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun
nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya
terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan
untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar
dan tepat. Balikandapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang
bukan penerima pesan. Balikanyang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan
balikan langsung yangmengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus
merupakan apakah pesan itu akandilaksanakan
atau tidak Balikan yang diberikan oleh
orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku
maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan
sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikaninformasi,
saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkankepercayaan
serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
g
0 komentar:
Posting Komentar