Rabu, 09 Mei 2012

Komunikasi

Diposting oleh Unknown di 19.45
KOMUNIKASI

Istilah komunikasi berasal dari kata Latin yaitu : Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadi milik bersama. Apabila kita berkomunikasi dengan orang lain, dengan kata lain kita telah berusaha menyampaikan informasi kepada orang lain. 
Berikut ini adalah beragam definisi komunikasi : 
  • Roben. J. G. 
Komunikasi merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan maupun informasi tentang pikiran dan perasaan.
  • Astrid
Komunikasi merupakan kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti atau makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi. 
  • Schram. W
Komunikasi merupakan sebuah usaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain. 
  • Davis
Komunikasi merupakan sebuah pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain. 
TUJUAN KOMUNIKASI

Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu2. Mempengaruhi perilaku seseorang3. Mengungkapkan perasaan4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain5. Berhubungan dengan orang lain6. Menyelesaian sebuah masalah7. Mencapai sebuah tujuan8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik 9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain

 
1.Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi 
Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesandapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.Materi pesan dapat berupa :
a. Informasi
b. Ajakan
c. Rencana kerja
d. Pertanyaan 
 j
2.Simbol/ isyarat 

Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahamioleh orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata,gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arahtertentu.

3.Media/penghubung 
Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman,telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akandisampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.

4.Mengartikan kode/isyarat 
Setelah pesan diterima melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesanharus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti/dipahaminya.

5.Penerima pesan
Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk code/isyarat tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim

6.Balikan (feedback)
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak  pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikandapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikanyang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yangmengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akandilaksanakan atau tidak Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikaninformasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkankepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
g

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meyy-Notes Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review